KSB news

Buletin untuk konsumen dan mitra KSB di Indonesia

KSB Cibitung Visualization
KSB dukung penyediaan air bersih SPAM Umbulan
SPAM Umbulan akan segera rampung secara keseluruhan pada pertengahan tahun ini. KSB dipercaya menangani sistem perpompaan dan valve dari proyek strategis di Jawa Timur yang dirancang untuk penyediaan air bersih bagi 1,3 juta jiwa.

Kebutuhan akan air bersih mengalami peningkatan dari tahun ke tahun seiring dengan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat. Untuk itu, penyediaan air bersih begitu krusial agar dapat mengakomodasi berbagai keperluan masyarakat.

Keterbatasan pasokan air bersih untuk beberapa kota utama di Jawa Timur, membuat pemerintah provinsi menginisiasi proyek transmisi penyediaan air bersih dari mata air ke 16 bendungan milik PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) dan PDAB (Perusahaan Daerah Air Bersih). Proyek ini dikenal dengan Sistem Penyediaan Air Minum Umbulan (SPAM Umbulan).

Mata air yang berjarak 17 km dari kota Pasuruan ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1916 oleh Belanda. Pengelolaan pertama sumber mata air Umbulan dilakukan oleh Inlando Water Bedrij pada tahun 1917. Pemerintah provinsi Jawa Timur mulai membangun gagasan untuk memanfaatkan sumber air Umbulan tahun 1972.

Proyek ini kemudian mulai ​dirancang sejak 2010 dan dilakukan prakualifikasi pada 2011. Dibangun melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) antara Pemerintah dengan PT. Meta Adhya Tirta yang merupakan konsorsium PT Medco Gas Indonesia dan PT Bangun Cipta Kontraktor, konstruksi SPAM Umbulan mulai dikerjakan secara efektif pada tahun 2017.

Pada KPBU SPAM Umbulan terdapat sistem produksi dengan kapasitas 4.000 liter/detik dan pipa transmisi dengan panjang mencapai 93 km dengan 18 offtake serta enam elevated reservoir dan 11 ground tank untuk melayani lima daerah, yaitu Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, dan Kabupaten Gresik.

“KSB terpilih dalam proyek ini karena mampu menghadirkan solusi dengan optimalisasi pompa (minimum 85%), efisiensi electric motor (minimum 95%) dan benefit dari energy footprint. Untuk mendukung penyediaan air bersih, diaplikasikan 9 unit pompa RDLO 350-575, pompa single-stage, axially ​split volute casing untuk instalasi horizontal maupun vertikal”, ujar Firmansyah, selaku Sales ManagerWater & Wastewater segment, KSB Indonesia.

KSB Cibitung Visualization
Biaya pemeliharaan menjadi lebih efisien karena suku cadang pompa seperti bearing, shaft seal, sleeves dan shaft bersifat identik dan dapat saling tukar atau menggantikan satu sama lain (interchangeable). Pompa RDLO mengedepankan konsep service-friendly design yang memungkinkan casing split flange dapat dibuka secara mudah tanpa harus membersihkan permukaan dengan wire brush. Perawatan rotating component pun menjadi mudah. Seluruh komponen didesain dengan FEM tools (Finite Element Method) terkini. Hidrolik didesain dan dioptimalisasi dengan CFD-simulations (Computational Fluid Dynamics) yang ekstensif.

Kualitas produk dan layanan KSB adalah faktor utama KSB ikut dipercaya untuk mendukung SPAM Umbulan. “PT Meta Adhya Tirta Umbulan, kontraktor yang menangani proyek penyediaan air bersih percaya pada kualitas terbaik kami. Kami bangga bisa bekerja sama dengan Meta Adhya Tirta Umbulan. Kami juga terus berupaya untuk melakukan perbaikan agar dapat memberikan layanan yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan konsumen dan mitra kami di Indonesia.” lanjut Firmansyah.

“Alasan lainnya adalah KSB memiliki portfolio produk valve yang beragam termasuk yang berdiameter sampai dengan 1,9 meter yang diperlukan dalam proyek ini. Gate valve, butterfly valve, check valve juga diaplikasikan untuk penyediaan air bersih. Dalam hal ini, KSB menyediakan solusi komprehensif, pompa dan valve untuk SPAM Umbulan”, ujar Heri Sudewo, General Manager, Valve business, KSB di Indonesia. KSB berharap proyek ini bisa memberikan manfaat khususnya bagi masyarakat Jawa Timur. “KSB sangat bangga menjadi bagian dari salah satu proyek penting di Indonesia, yang membantu warga Jawa Timur untuk memiliki akses terhadap air bersih dengan sistem perpompaan dan valve yang efisien dan andal,” ujar Philippe Olivier, Presiden Direktur, KSB Indonesia. Bagi KSB, ini bisa menjadi referensi bagi keterlibatan KSB dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) selanjutnya.

                                   KSB Cibitung Visualization
“Proyek SPAM Umbulan termasuk Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan model Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) yang pertama dengan masa konsesi 25 tahun. Melalui tender, KSB terpilih karena kualitasnya yang terbaik dan memenuhi kriteria proyek. Tentunya, produk yang diaplikasikan dalam proyek ini harus berkualitas baik, tepat guna dan memenuhi kriteria proyek serta sesuai tuntutan PSN. Bagi kami, KSB memberikan solusi yang komprehensif yang sesuai dengan tuntutan Proyek Strategis Nasional. Meskipun menghadapi banyak sekali tantangan baik teknis maupun non-teknis, akhir Mei tahun 2020 dijadwalkan pekerjaan fisik bisa diselesaikan secara keseluruhan.”

-Yan Kuryana Wiriadipura, Project Director SPAM Umbulan, PT Meta Adhya Tirta Umbulan


                                  Previous  4 5 6  Next Page

Additional Information
New content item

KSB Indonesia News (full version)

Download all article

Contact Us

Company

Sales & Marketing

Phone

workPhone:
021 80886509